Doa Minta Kesembuhan Dari Sakit

Setiap manusia pastinya pernah merasakan sakit, baik penyakit ringan maupun berat sekalipun. Jika dilihat dari pandangan Islam, setiap penyakit yang diderita seorang muslim sejatinya sebagai ujian kesebaran dari Allah. Selain itu, sakit ini juga bisa menjadi sarana penghapusan dosa.

Meskipun demikian, kita diwajibkan untuk berikhtiar agar bisa sembuh dari penyakit tersebut seperti pergi ke dokter atau berobat. Selain itu, kita juga diharuskan berdoa untuk meminta kesembuhan dari Allah Subhana wa Ta’ala. Karena Allah yang mendatangkan penyakit dan Allah juga yang bisa mengangkatnya kembali.

Adab Berdoa Agar Cepat Dikabul

Agar doa terkabul maka kita harus mengetahui adab-adab berdoa terlebih dahulu. Karena bagaimanapun kita akan bermunajat pada Sang Pencipta. Kalau kita mau meminta sesuatu pada seseorang saja harus ada tata caranya, apalagi meminta sama Sang Khalik, begitupun saat berdoa meminta kesembuhan.

  • Anda bisa mengawali doa dengan membaca kalimat pujian kepada Allah. Seperti hamdalah, takbir, atau asmaul husna. Lalu dilanjutkan dengan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wassallam, sebagai Nabi dan Rasul utusan Allah yang menjadi suri tauladan bagi seluruh ummat muslim. Hal ini disampaikan dalam sebuah hadits riwayat Ahmad dan Abu Daud, Rasulullah bersabda, “Apabila diantara kalian berdoa, hendaknya mengawalinya dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian hendaklah bersholawat kepada Nabi shallalahu ‘alaihi wassallam. Kemudian berdoalah kalian sesuai kehendak.”

Sesudah memuji keagungan Allah dan sholawat kepada Nabi, selanjutnya anda memohon ampun kepada Allah. Anda dapat membaca doa untuk memohon ampun atas segala dosa yang sudah diperbuat. Tentunya Allah yang Maha Pemaaf, akan membuka pintu maafnya bagi hamba-hamba-Nya yang benar-benar bertaubat.

  • Ketika hendak berdoa maka sebaiknya anda menghadap kiblat sambil mengangkat kedua tangan. Dalam hadits riwayat Muslim, dari Jabir radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wassallam saat berada di Padang Arafah, menghadap arah kiblat lalu berdoa kepada Allah hingga matahari tenggelam. Selain itu, ada juga hadits riwayat Abu Daud dan At-Tirmizi, Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kamu sekalian itu Malu dan Maha Memberi. Dua malu kepada hamba-Nya ketika hamba itu mengangkat tangan kepadanya namun kembali dengan tangan kosong.”
  • Khusyuk merupakan salah satu adab dalam berdoa yang harus anda lakukan. Khusyuk ini artinya sebagai merendahkan hati, menyerahkan diri atau tunduk, dan menempatkan diri serendah-rendahnya dihadapan Allah Subhana wa Ta’ala. Sikap khusyuk ini bukan hanya diterapkan saat sholat saja, namun juga ketika memanjatkan doa kepada Allah Subhana wa Ta’ala.

Adapun doa minta kesembuhan dari sakit yang bisa anda baca diantaranya :

  1. Allahumma inni audzubika minal-barashi, wal-junuuni, wal-judzami, wa min sayyiil-asqaam.

Artinya : “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari segala penyakit buruk (mengerikan) lainnya.” (HR. Abu Daud no. 1554, Ahmad 3 : 192).

  1. Ini merupakan salah satu doa yang dapat diamalkan ketika ada anggota tubuh yang sakit. Misalnya, keseleo atau sakit gigi. Rasulullah shallallahu alaihi wassallam mengajarkan doa ini, sembari memerintah untuk meletakkan tangan di bagian yang sakit pada badannya.

Bismillah (3 x)

A’udzu billahi wa qudrotihi min syarri ma ajidu wa uhaadzir (7x)

Artinya : “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kuasa-Nya dari kejelekan yang aku dapatkan dan aku waspadai.”

Leave a Comment